BIOGRAPHY LANG LANG
Digembar-gemborkan
sebagai "artis terpanas di planet musik klasik" oleh New York Times,
bintang, 29 tahun Lang Lang telah memainkan terjual habis resital dan
konser di setiap kota besar di dunia dan merupakan pianis Cina pertama
untuk terlibat oleh Philharmonic Wina, Berlin Philharmonic dan semua orkestra Amerika atas.
Kesaksian
keberhasilannya itu, Lang Lang baru-baru ini muncul di Waktu 2009 100 -
daftar tahunan majalah Time dari 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia.
Pada
tahun 2008, lebih dari empat miliar orang dilihat kinerja Lang Lang
dalam upacara pembukaan Beijing untuk Olimpiade XXIX dari Olimpiade, di
mana ia dianggap sebagai simbol dari pemuda dan masa depan Cina. Status
ini telah mengilhami lebih dari 40 juta anak-anak Tionghoa untuk
belajar bermain piano klasik - sebuah fenomena yang diciptakan oleh The
Today Show sebagai "efek Lang Lang." Menyadari pengaruh kuat budaya Lang Lang, pada tahun 2008 Akademi Perekaman menamainya Duta Budaya ke Cina. Baru-baru
ini, Lang Lang telah dipilih sebagai duta seluruh dunia resmi ke Expo
2010 Shanghai, dan bermain pada upacara pembukaan.
Melanjutkan
kehadirannya di panggung dunia, Lang Lang adalah fitur pada 2008 Grammy
Awards ®, pasangan dengan jazz Herbie Hancock untuk kinerja mengejutkan
yang disiarkan langsung ke 45 juta pemirsa di seluruh dunia. Kedua pianis melanjutkan kolaborasi mereka dengan tur dunia perdana di musim panas 2009.
Selama
hampir satu dekade Lang Lang telah memberikan kembali kepada anak-anak
di seluruh dunia melalui kegiatan relawan yang beragam seperti mentoring
meningkat pianis muda berbakat, mengadakan 100 siswa piano di konser,
melakukan untuk anak-anak sakit di hospi ¬ tals, memberikan resital
musik klasik di terlayani dan terpencil masyarakat, dan menyumbangkan bakat musiknya untuk meningkatkan kesadaran amal lainnya. Amal
usaha Lang Lang menyebabkan peluncuran terbaru dari Lang Lang Musik
Internasional Yayasan dengan misi menginspirasi generasi berikutnya dari
pecinta musik klasik dan pemain dengan mengolah pianis top besok,
memperjuangkan pendidikan musik di garis depan teknologi, dan membangun
penonton muda melalui pengalaman musik live. Melalui
kerja strategis yayasan baru yang berkomitmen untuk anak-anak dan
pendidikan musik, Lang Lang bekerja sama dengan mitra luar biasa untuk
menginspirasi orang-orang muda untuk percaya bahwa musik dapat membuat
hidup lebih baik. The
Financial Times Lang Lang pernah digambarkan sebagai "evangelikal dalam
usahanya untuk menyebarkan popularitas musik klasik." Pada bulan Mei
2009, Lang Lang dan tiga sarjana muda dipilih dari yayasan - berusia
antara 6 dan 10 tahun - tampil bersama di The Oprah Winfrey Show pada "Cari Oprah untuk Anak Kebanyakan Dunia cerdas dan Paling Berbakat." Lang
Lang adalah sangat berkomitmen untuk menciptakan dan berpartisipasi
dalam program-program yang membawa bunga berkelanjutan untuk musik ke
dalam kehidupan anak-anak. Seperti yang dicatat setelah acara peluncuran Yayasan, "Saya telah mengambil karir kedua!"Pada
2011, Lang Lang World Music diluncurkan, yang merupakan multi-fungsi
seni yang kompleks yang terletak di Shenzhen dan Chongqing, Cina, di
mana anak-anak dapat pergi untuk menerima pendidikan piano,
berpartisipasi dalam master class dan kompetisi, menghadiri konser dan
membeli Lang Lang- merek produk pendidikan. Dengan
misi berbagi pandangan global Lang Lang, pengalaman dan pengetahuan
dalam pendidikan piano, Lang Lang Musik Dunia memelihara dan memberikan
kesempatan eksklusif untuk bakat muda melalui platform yang unik.Lang
Lang terus memberikan kelas master teratur di seluruh dunia atas
undangan lembaga musik paling bergengsi, termasuk Institut Curtis dari
Musik, Sekolah Juilliard, Manhattan School of Music Conservatory dan
Hanover, serta semua konservatori atas di Cina di mana ia memegang professorships kehormatan. Dia
telah memegang residensi musik, yang meliputi kelas master untuk siswa
luar biasa, di Chicago, Toronto, San Francisco, London, Roma dan
Stockholm. Selain komitmen banyak nya, Lang Lang memegang gelar Duta Besar pertama dari YouTube Symphony Orchestra. Perannya
dalam proyek inovatif, diciptakan oleh YouTube dan Google, mencerminkan
pengabdiannya untuk membangun pemirsa baru dan membawa musik klasik
untuk orang-orang muda di seluruh dunia.Di
Musim 2010-11, Lang Lang dilakukan pada malam pembukaan musim
perdananya Christoph Eschenbach, dengan National Symphony Orchestra
serta pembukaan musim Carnegie Hall dengan Wina Philharmonic. Para
Pleyel Salle di Paris mempresentasikan "Lang Lang Festival" yang
termasuk sebuah konser bersama antara Lang Lang dan Roberto Alagna;
Pusat Southbank di London mempresentasikan "Lang Lang Menginspirasi"
yang mencakup "Proyek Piano berkumpul", di mana ia bermain dengan 100 pianis muda pada 51 piano. Selain
itu, ia dilakukan pada konser Malam Tahun Baru dengan New York
Philharmonic di Lincoln Center, residensi juga diadakan di Milan, Madrid
dan Sydney.Di
Musim 2011-12, ia akan menjadi Creative Director dari Seri Pendakian di
Cincinnati Symphony Orchestra dan memegang residensi. Pada
awal musim, dia akan tampil di konser HUT ke-100 di San Francisco
Symphony yang Gala dan prom Malam terakhir di Royal Albert Hall di
London. Selain itu, ia akan tur dengan Concertgebouw, Wina Philharmonic dan New York Philharmonic.Biografinya, Perjalanan Seribu Miles, diterbitkan oleh Random House di sebelas bahasa, dirilis untuk pujian kritis. Sebagai
bagian dari komitmennya terhadap pendidikan anak-anak, ia merilis versi
otobiografinya khusus untuk pembaca muda, berjudul Bermain dengan
Tombol terbang.
Puluhan
ribu orang telah menikmati pertunjukan Lang Lang di udara terbuka
konser di taman dan tempat-tempat di seluruh dunia, termasuk Central
Park di New York City, Hollywood Bowl di Los Angeles, Ravinia Festival
di Chicago, Theaterplatz di Dresden dan Derby Taman di Hamburg . Lang
Lang berpartisipasi dalam konser pembukaan di Stadion Olimpiade Munich
dengan Jansons Mariss, menandai dimulainya Olimpiade Piala Dunia. Dalam
konser perayaan untuk penutupan putaran final Euro 2008 Piala, Lang
Lang bermain dengan Philharmonic Wina bawah tongkat Zubin Mehta di depan
Istana Schönbrunn.
Melanjutkan
karyanya dengan dunia-terkenal konduktor, Lang Lang telah dilakukan di
bawah tongkat Sir Simon Rattle dengan Philharmonic Berlin di Waldbühne,
Daniel Barenboim dengan Berlin Staatskapelle di Philharmonie, dan Seiji
Ozawa untuk Tahun Baru pembukaan gala Hawa dari Pusat Nasional untuk Seni Pertunjukan di Beijing.
Pada
bulan Desember 2007, Lang Lang solois tamu di konser Nobel di
Stockholm, sebuah acara yang dihadiri oleh pemenang hadiah Nobel dan
anggota keluarga kerajaan. Ia kembali sebagai pemain solo untuk upacara penghargaan Nobel Perdamaian 2009 Hadiah dan konser bagi Presiden Barack Obama.
Lang Lang telah menjadi wajah banyak kampanye global. Steinway
telah mengakui popularitas Lang Lang dengan anak-anak dengan membuat
lima versi dari "Lang Lang Steinway ™" dirancang untuk pendidikan musik
dini. Ini adalah pertama kalinya dalam 150 tahun sejarahnya yang pernah digunakan Steinway nama artis untuk memproduksi piano. Lang
Lang juga merupakan duta merek global untuk Sony Electronics, dengan
siapa ia mengantisipasi kemungkinan mencapai inovatif dan kreatif untuk
masa depan. Lang
Lang baru-baru ini ditandatangani pada untuk mewakili layanan di
seluruh dunia AEGON keuangan, dan dia bangga untuk melanjutkan hubungan
dengan Mobil Audi sebagai Brand Ambassador global mereka. .
Lang
Lang mulai bermain piano pada usia 3, dan pada usia 5, ia telah
memenangkan Kompetisi Shenyang dan telah memberikan resital publik
pertama. Memasuki
Konservatori Musik Pusat Beijing pada usia 9, ia memenangkan hadiah
pertama di Kompetisi Internasional Tchaikovsky Musisi Young dan
memainkan 24 Études lengkap Chopin di Beijing Concert Hall pada usia 13.
Istirahat
Lang Lang ke bintang datang pada usia 17, ketika ia dipanggil untuk
substitusi menit-menit terakhir yang dramatis di "Gala Abad Ini,"
memainkan konserto Tchaikovsky dengan Symphony Chicago. Berikut ini debutnya raksasa, ia melakukan konser yang sukses di seluruh dunia. Times
di London mengatakan: "Lang Lang mengambil terjual habis Albert Hall
oleh badai ... Ini bisa menjadi sejarah dalam pembuatan."
Lang
Lang telah membuat penampilan TV banyak, termasuk The Today Show,
Tonight Show dengan Jay Leno, Good Morning America, CBS Early Show dan
60 Menit di antara banyak lainnya. Dia
telah tampil di setiap jaringan TV besar dan majalah berita dan gaya
hidup di seluruh dunia, termasuk publikasi beragam seperti The New
Yorker, Esquire, Vogue, Times, Financial Times, GQ, Cosmopolitan, Die
Welt, Reader 's Digest dan Orang. Dipuji
oleh Chicago Tribune sebagai "bakat terbesar, keyboard yang paling
menarik yang dihadapi dalam bertahun-tahun," Lang Lang telah berkembang
dari satu penampilan kemenangan ke yang berikutnya.
Lang
Lang telah dilakukan untuk pejabat internasional banyak termasuk mantan
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Kofi Annan,
Sekretaris-Jenderal Ban Ki-moon, Presiden Barack Obama, George HW Bush,
George W. Bush, William J. Clinton, Ratu Her Majesty Elizabeth II, Presiden Hu Jin-Tao dari Cina, Presiden Horst Koehler dari Jerman, HRH Pangeran Charles, Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy dan Presiden Lech Kaczynski Polandia. Baru-baru ini, ia dilakukan bagi Presiden Barack Obama dan Presiden Hu Jin-tao di Dinner Negara Gedung Putih.
Pada tahun 2004, Lang Lang diangkat Duta Internasional untuk Dana Anak PBB (UNICEF). Lang
Lang telah memberikan kontribusi dan bekerja untuk meningkatkan dana
dan kesadaran untuk upaya bantuan gempa di Cina dan Haiti. Upaya
ini termasuk melelang piano Steinway merah dimainkan selama 2008 York,
New Central Park konser, menyumbangkan hasil bersih untuk dana Palang
Merah Amerika Gempa Cina, dan mengorganisir sebuah konser di Carnegie
Hall, menyumbangkan hasil bersih untuk Dana Bantuan UNICEF Gempa Haiti. Sebagai Ketua de Montblanc Proyek Budaya Seni la Patronase Penghargaan, Lang Lang merayakan aspek lain dari komitmen seni. Dia
juga saat ini melayani di Komite Penasehat Institut Musik Weill sebagai
bagian dari program pendidikan Carnegie Hall dan merupakan anggota
termuda Dewan Penasehat Artistik Carnegie Hall. Dia
telah ditambahkan sebagai salah satu dari 250 Young Global Leaders
dipilih oleh Forum Ekonomi Dunia dan menerima Award 2010 Kristal di
Davos. Pada Mei 2011, Lang Lang menerima Doktor Kehormatan Musik dari-Nya Yang Mulia Pangeran Wales di Royal College of Music.
Lang
Lang adalah solois ditampilkan di Golden Globe ® skor kemenangan "The
Painted Veil" yang terdiri oleh Alexandre Desplat dan dapat didengar di
soundtrack "The Banquet" disusun oleh Tan Dun. Semua albumnya telah masuk tangga lagu klasik atas serta tangga lagu pop di seluruh dunia. Album-Nya
dari Piano concerto Beethoven Pertama dan Keempat dengan L'Orchestre de
Paris dan Maestro Christoph Eschenbach debut di # 1 pada Chart
Billboard klasik. Lang Lang juga tampil pada chart Billboard New Artist di posisi tertinggi yang pernah bagi artis klasik. Pada
tahun 2007, ia dinominasikan untuk Grammy Award ®, menjadi seniman Cina
pertama yang dinominasikan untuk The Soloist Instrumental Terbaik. Dia
dihormati oleh Recording Academy dengan Merit Award 2007 Presiden;
penerima terakhir ini antara Zubin Mehta dan Luciano Pavarotti. Lang
Lang baru-baru ini mencatat soundtrack film dari film blockbuster
Jepang "Nodame Cantabile," dilakukan Chopin 24 Etudes untuk "Proyek
Chopin" (proyek terbesar untuk menghormati peringatan dua abad Chopin),
"Nuit De Mai" dengan Placido Domingo dan urutan pembuka Gran Turismo, videogame yang paling sukses waktu kita. Pada
bulan Februari 2010, Lang Lang bergabung dengan Sony Music
Entertainment sebagai artis rekaman eksklusif; album pertamanya dengan
Sony fitur rekaman langsung dari 2.010 resital di Musikverein legendaris
Wina.
Minggu, 25 September 2011
JENIS PIANO AWAL ABAD KE 18
Boesendorfer grand piano | |
Alat musik papan kunci | |
---|---|
Klasifikasi Hornbostel-Sachs | 314.122-4-8 (Simple chordophone with keyboard sounded by hammers) |
Pencipta | Bartolomeo Cristofori |
Dikembangkan | Awal Abad ke-18 |
Rentangan permainan | |
KETERANGAN PIANO
Piano adalah alat musik yang dimainkan dengan jari-jemari tangan. Pemain piano disebut pianis.
Pada saat awal-awal diciptakan, suara piano tidak sekeras piano abad XX-an, seperti piano yang dibuat oleh Bartolomeo Cristofori (1655 – 1731) buatan 1720. Pasalnya, tegangan senar piano kala itu tidak sekuat sekarang. Kini piano itu dipajang di Metropolitan Museum of Art di New York.
Meskipun siapa penemu pertama piano, yang awalnya dijuluki gravecembalo col piano e forte (harpsichord dengan papan tuts lembut dan bersuara keras), masih menjadi perdebatan, banyak orang mengakui, Bartolomeo Cristofori sebagai penciptanya. Piano juga bukan alat musik pertama yang menggunakan papan tuts dan bekerja dengan dipukul. Alat musik berprinsip kerja mirip piano telah ada sejak 1440.
Piano sendiri lahir dari keinginan untuk menggabungkan keindahan nada clavichord dengan kekuatan harpsichord. Hasrat itu mendorong Marius dari Paris (1716), Schroter dari Saxony (1717), dan Christofori (1720) dari Padua, Italia, untuk membuat piano. Namun, hasil utuh dan lengkap cuma ditunjukkan Bartolomeo Christofori. Dari piano ciptaan pemelihara harpsichord dan spinet (harpsichord kecil) di Istana Florentine - kediaman Pangeran Ferdinand de’Medici - inilah piano modern berakar.
Pada pertengahan abad XVII piano dibuat dengan beberapa bentuk. Awalnya, ada yang dibuat mirip desain harpsichord, dengan dawai menjulang. Piano menjadi lebih rendah setelah John Isaac Hawkins memodifikasi letaknya menjadi sejajar lantai. Lalu, dengan munculnya tuntutan instrumen musik lebih ringan, tidak mahal, dan dengan sentuhan lebih ringan, para pembuat piano Jerman menjawabnya dengan piano persegi. Sampai 1860 piano persegi ini mendominasi penggunaan piano di rumah.
Rangka untuk senar piano pertama menggunakan rangka kayu dan hanya dapat menahan tegangan ringan dari senar. Akibatnya, ketika pada abad XIX dibangun gedung-gedung konser berukuran besar, suara piano tadi kurang memadai. Maka, mulailah dibuat piano dengan rangka besi. Sekitar tahun 1800 Joseph Smith dari Inggris membuat suatu piano dengan rangka logam seluruhnya. Piano hasil inovasinya mampu menahan tegangan senar sangat kuat, sehingga suara yang dihasilkan pun lebih keras. Sekitar 1820, banyak pembuat menggunakan potongan logam untuk bagian piano lainnya. Pada 1822, Erard bersaudara mematenkan double escapement action, yang merupakan temuan tersohor dari yang pernah ada berkaitan dengan cara kerja piano.
Dalam perkembangannya, sebelum memiliki 88 tuts seperti sekarang, piano memiliki lima oktaf dan 62 tuts. Ia juga dilengkapi dengan pedal. Semula pedal itu digerakkan dengan lutut. Namun, kemudian pedal kaki yang diperkenalkan di Inggris menjadi populer hingga sekarang.
Sejumlah pengembangan berlanjut pada abad XIX dan XX. Tegangan senar, yang semula ditetapkan 16 ton pada tahun 1862, bertambah menjadi 30 ton pada piano modern. Hasilnya adalah sebuah piano dengan kemampuan menghasilkan nada yang tidak pernah dibayangkan Frederic Chopin, Ludwig van Beethoven, dan bahkan Franz Liszt.
Sebuah perkembangan nyata di abad XX (berawal di tahun 1930-an) adalah kehadiran piano elektronik (atau piano listrik), yang didasarkan pada teknologi elektroakustik atau metode digital. Nada suaranya terdengar melalui sebuah amplifier dan loudspeaker.
Dari sisi mutu suara, piano elektronik nyaris tak ada bedanya dengan piano biasa. Perbedaan terletak pada berbagai fitur yang melengkapinya. Fitur itu tentu tidak ada sama sekali dalam piano biasa. Misalnya, bisa dihubungkan dengan perangkat MIDI, komputer, alat rekam; memiliki pengatur volume, tusuk kontak untuk pendengar kepala; dan sebagainya.
Pada saat awal-awal diciptakan, suara piano tidak sekeras piano abad XX-an, seperti piano yang dibuat oleh Bartolomeo Cristofori (1655 – 1731) buatan 1720. Pasalnya, tegangan senar piano kala itu tidak sekuat sekarang. Kini piano itu dipajang di Metropolitan Museum of Art di New York.
Meskipun siapa penemu pertama piano, yang awalnya dijuluki gravecembalo col piano e forte (harpsichord dengan papan tuts lembut dan bersuara keras), masih menjadi perdebatan, banyak orang mengakui, Bartolomeo Cristofori sebagai penciptanya. Piano juga bukan alat musik pertama yang menggunakan papan tuts dan bekerja dengan dipukul. Alat musik berprinsip kerja mirip piano telah ada sejak 1440.
Piano sendiri lahir dari keinginan untuk menggabungkan keindahan nada clavichord dengan kekuatan harpsichord. Hasrat itu mendorong Marius dari Paris (1716), Schroter dari Saxony (1717), dan Christofori (1720) dari Padua, Italia, untuk membuat piano. Namun, hasil utuh dan lengkap cuma ditunjukkan Bartolomeo Christofori. Dari piano ciptaan pemelihara harpsichord dan spinet (harpsichord kecil) di Istana Florentine - kediaman Pangeran Ferdinand de’Medici - inilah piano modern berakar.
Pada pertengahan abad XVII piano dibuat dengan beberapa bentuk. Awalnya, ada yang dibuat mirip desain harpsichord, dengan dawai menjulang. Piano menjadi lebih rendah setelah John Isaac Hawkins memodifikasi letaknya menjadi sejajar lantai. Lalu, dengan munculnya tuntutan instrumen musik lebih ringan, tidak mahal, dan dengan sentuhan lebih ringan, para pembuat piano Jerman menjawabnya dengan piano persegi. Sampai 1860 piano persegi ini mendominasi penggunaan piano di rumah.
Rangka untuk senar piano pertama menggunakan rangka kayu dan hanya dapat menahan tegangan ringan dari senar. Akibatnya, ketika pada abad XIX dibangun gedung-gedung konser berukuran besar, suara piano tadi kurang memadai. Maka, mulailah dibuat piano dengan rangka besi. Sekitar tahun 1800 Joseph Smith dari Inggris membuat suatu piano dengan rangka logam seluruhnya. Piano hasil inovasinya mampu menahan tegangan senar sangat kuat, sehingga suara yang dihasilkan pun lebih keras. Sekitar 1820, banyak pembuat menggunakan potongan logam untuk bagian piano lainnya. Pada 1822, Erard bersaudara mematenkan double escapement action, yang merupakan temuan tersohor dari yang pernah ada berkaitan dengan cara kerja piano.
Dalam perkembangannya, sebelum memiliki 88 tuts seperti sekarang, piano memiliki lima oktaf dan 62 tuts. Ia juga dilengkapi dengan pedal. Semula pedal itu digerakkan dengan lutut. Namun, kemudian pedal kaki yang diperkenalkan di Inggris menjadi populer hingga sekarang.
Sejumlah pengembangan berlanjut pada abad XIX dan XX. Tegangan senar, yang semula ditetapkan 16 ton pada tahun 1862, bertambah menjadi 30 ton pada piano modern. Hasilnya adalah sebuah piano dengan kemampuan menghasilkan nada yang tidak pernah dibayangkan Frederic Chopin, Ludwig van Beethoven, dan bahkan Franz Liszt.
Sebuah perkembangan nyata di abad XX (berawal di tahun 1930-an) adalah kehadiran piano elektronik (atau piano listrik), yang didasarkan pada teknologi elektroakustik atau metode digital. Nada suaranya terdengar melalui sebuah amplifier dan loudspeaker.
Dari sisi mutu suara, piano elektronik nyaris tak ada bedanya dengan piano biasa. Perbedaan terletak pada berbagai fitur yang melengkapinya. Fitur itu tentu tidak ada sama sekali dalam piano biasa. Misalnya, bisa dihubungkan dengan perangkat MIDI, komputer, alat rekam; memiliki pengatur volume, tusuk kontak untuk pendengar kepala; dan sebagainya.
Sabtu, 24 September 2011
PIANO HUTAN
Bercerita mengenai Kai Ichinose. Dia adalah putra seorang pelacur bernama Rei Ichinose yang tinggal di kawasan pinggir hutan. Ia brutal, suka membolos dan tak peduli dengan hal yang terjadi di sekitarnya. Kai lahir sebagai anak laki-laki yang berwajah cantik dan tidak selalu diterima karena status ibunya. Pada usia 7 tahun, Kai menemukan sebuah piano di sebuah hutan yang terbengkalai yang dulunya milik seorang pianis terkenal bernama Ajino Sosuke. Kai mencoba memainkan tuts-tutsnya setiap hari dan mulai bisa langsung memainkan lagu-lagu yang baru didengarnya untuk pertama kali dengan sempurna. Dan ternyata Piano Hutan yang sudah rusak memilih Kai untuk menjadi Ajino kedua. Kai kaget ketika dia tahu bahwa Ajino adalah guru musik di sekolahnya. Mereka berteman akrab dan Ajino dengan senang hati mengajarkan teknik -teknik bermain piano yang formal. Kai yang berteman dengan Shuhei Amamiya putra Yuichiro Amamiya yang merupakan pianis terkenal pun mulai mengerti mengenai seluk beluk dunia piano. Ajino bahkan berencana untuk membawa Kai ke kompetisi piano tingkat internasional.
Rabu, 21 September 2011
SEJARAH PERKEMBANGAN ALAT MUSIK PIANO
Buat loe yang suka dengan alat musik ini, sebelum loe maenin atau menikmati suara alat musik ini, gak ada salahnya dong tau sejarah alat musik yang elo mainin dan yang digemari oleh banyak orang ini. Hehehe… sebagai bahan bacaan dan tentunya nambah pengetahuan loe aja sih. Semoga berguna.
Asal mula kata piano sebenarnya adalah pianoforte, yang berasal dari bahasa Italia. Piano dibuat oleh Bartolomeo Cristofori pada tahun 1720-an. Awal mula piano diciptakan, suaranya tidak sekeras piano yang dapat didengar pada abad 20-an. Pasalnya, tegangan tuts piano kala itu tidaklah sekuat piano yang sekarang.
Kini, piano pertama tersebut dipajang di Metropolitan Museum of Art di New York. Seperti pada banyak penemuan yang lainnya, piano ditemukan berdasarkan penemuan teknologi. Asal muasalnya, piano dikembangkan dari alat musik kecapi. Perbedaannya, kecapi dimainkan dengan dipetik. Sedangkan piano ditekan tuts-tutsnya.
Secara umum, piano termasuk ke dalam kelompok musik instrumental. Piano memproduksi suara dari getaran papan suara yang volumenya dapat diperkuat (dapat diatur besar kecilnya).
Secara luas, piano di dalam musik dapat menjadi performa pada nyanyian tunggal dan sebagai pengantar nyanyian solo. Dalam artian, piano dapat hidup dan mengiringi penyanyi tanpa bantuan atau iringan alat musik lain. Suara yang dihasilkan piano sudah dapat mewakili alat musik lainnya. Meskipun demikian, piano akan lebih berarti lagi didengar dengan bantuan alat musik lain. Yang perlu ditekankan di sini, piano dapat mengalun indah tanpa bantuan alat musik lain. Tidak sama halnya dengan alat musik lain, yang kurang enak didengar tanpa dilengkapi piano. Banyak musik-musik instrumen yang bersinar karena andil dari piano.
Perkembangan Piano
Pada akhir periode 1790 sampai 1860, piano era Mozart mengalami perubahan yang hebat, dimana instrumen modern semakin terlihat memimpin. Pada revolusinya, piano banyak mendapat dukungan dari komposer dan pianis-pianis terkenal yang mengiringi perkembangannya. Sehingga piano dalam musik semakin memiliki power yang tinggi. Teknologi dalam pembuatan piano pun semakin menggunakan alat-alat berteknologi tinggi.
Dalam beberapa waktu, gaya suara piano meningkat. Dari 5 oktav menjadi 7 1/3 (atau bahkan lebih) oktav, ini menandakan piano semakin modern. Kemajuan teknologi ini banyak bersumber dari perusahaan di Inggris, Broadwood. Selama bertahun-tahun, instrumen buatan Broadwood mengalami perkembangan menjadi lebih banyak jenisnya, lebih baik suaranya, juga dikemas secara baik dan rapi.
Perusahaan Broadwood mengirim piano mereka kepada Hadyn dan Beethoven. Cakupan kemampuan piano yang mereka kirim itu lebih dari lima oktaf. pada tahun 1790an, tahun 1810 menyusul menjadi enam oktav, sampai pada tahun 1820 akhirnya menjadi tujuh oktav. Sampai-sampai banyak perusahaan pembuat piano mengikuti trend ini.
Bercerita tentang piano sama halnya seperti menceritakan seorang superstar. Seperti layaknya seorang superstar, piano yang terkenal itu juga banyak dikagumi berbagai kalangan. Piano bisa masuk dalam industri musik dan perfilman, yang dengan mudahnya dilihat dan didengar siapa saja.
Sejak tahun 1830-an, konser piano selalu di idolakan banyak penggemar musik. Setiap para pianis terkenal menggelar konsernya, kerap kali dipadati oleh para penggemar. Mereka selalu berbondong-bondong mengantri tiket konser piano seperti semut. Karena bagaimanapun juga, piano bisa masuk ke hampir seluruh musik terkenal.
Contoh pada ke-27 konser piano yang digelar Mozart. Konser ini benar-benar merupakan konser musik instrumental yang tanpa bantuan iringan penyanyi ternyata tetap dapat lebih dinikmati. Inilah kehebatan yang dimiliki alat musik piano. Permainan pada konser piano bisa terlaksana dengan baik secara solo (sendirian), duo (berdua), trio (bertiga), maupun kuartet (berempat). Hal ini telah dibuktikan sejak lama oleh para pianis terkenal seperti Mozart, Hadyn, Beethoven, Schubert, Schumann, Mendelssohn dan Brahms.
Salah satu peran piano dalam industri perfilman adalah sebagai alat musik yang mengiringi jalannya film tersebut. Dapatkah loe membayangkan jika film yang loe tonton tidak didukung oleh latar belakang musik? Piano sangat lekat dengan alur-alur cerita dalam film. Jika pada film itu ceritanya sedih, diputarkanlah alunan musik piano yang lagunya sedih atau melow, sedangkan jika film itu seru (misalnya film aksi), maka diputarkanlah musik yang membuat adrenalin naik. Kesemua ini senantiasa diperankan oleh piano.
Asal mula kata piano sebenarnya adalah pianoforte, yang berasal dari bahasa Italia. Piano dibuat oleh Bartolomeo Cristofori pada tahun 1720-an. Awal mula piano diciptakan, suaranya tidak sekeras piano yang dapat didengar pada abad 20-an. Pasalnya, tegangan tuts piano kala itu tidaklah sekuat piano yang sekarang.
Kini, piano pertama tersebut dipajang di Metropolitan Museum of Art di New York. Seperti pada banyak penemuan yang lainnya, piano ditemukan berdasarkan penemuan teknologi. Asal muasalnya, piano dikembangkan dari alat musik kecapi. Perbedaannya, kecapi dimainkan dengan dipetik. Sedangkan piano ditekan tuts-tutsnya.
Secara umum, piano termasuk ke dalam kelompok musik instrumental. Piano memproduksi suara dari getaran papan suara yang volumenya dapat diperkuat (dapat diatur besar kecilnya).
Secara luas, piano di dalam musik dapat menjadi performa pada nyanyian tunggal dan sebagai pengantar nyanyian solo. Dalam artian, piano dapat hidup dan mengiringi penyanyi tanpa bantuan atau iringan alat musik lain. Suara yang dihasilkan piano sudah dapat mewakili alat musik lainnya. Meskipun demikian, piano akan lebih berarti lagi didengar dengan bantuan alat musik lain. Yang perlu ditekankan di sini, piano dapat mengalun indah tanpa bantuan alat musik lain. Tidak sama halnya dengan alat musik lain, yang kurang enak didengar tanpa dilengkapi piano. Banyak musik-musik instrumen yang bersinar karena andil dari piano.
Perkembangan Piano
Pada akhir periode 1790 sampai 1860, piano era Mozart mengalami perubahan yang hebat, dimana instrumen modern semakin terlihat memimpin. Pada revolusinya, piano banyak mendapat dukungan dari komposer dan pianis-pianis terkenal yang mengiringi perkembangannya. Sehingga piano dalam musik semakin memiliki power yang tinggi. Teknologi dalam pembuatan piano pun semakin menggunakan alat-alat berteknologi tinggi.
Dalam beberapa waktu, gaya suara piano meningkat. Dari 5 oktav menjadi 7 1/3 (atau bahkan lebih) oktav, ini menandakan piano semakin modern. Kemajuan teknologi ini banyak bersumber dari perusahaan di Inggris, Broadwood. Selama bertahun-tahun, instrumen buatan Broadwood mengalami perkembangan menjadi lebih banyak jenisnya, lebih baik suaranya, juga dikemas secara baik dan rapi.
Perusahaan Broadwood mengirim piano mereka kepada Hadyn dan Beethoven. Cakupan kemampuan piano yang mereka kirim itu lebih dari lima oktaf. pada tahun 1790an, tahun 1810 menyusul menjadi enam oktav, sampai pada tahun 1820 akhirnya menjadi tujuh oktav. Sampai-sampai banyak perusahaan pembuat piano mengikuti trend ini.
Bercerita tentang piano sama halnya seperti menceritakan seorang superstar. Seperti layaknya seorang superstar, piano yang terkenal itu juga banyak dikagumi berbagai kalangan. Piano bisa masuk dalam industri musik dan perfilman, yang dengan mudahnya dilihat dan didengar siapa saja.
Sejak tahun 1830-an, konser piano selalu di idolakan banyak penggemar musik. Setiap para pianis terkenal menggelar konsernya, kerap kali dipadati oleh para penggemar. Mereka selalu berbondong-bondong mengantri tiket konser piano seperti semut. Karena bagaimanapun juga, piano bisa masuk ke hampir seluruh musik terkenal.
Contoh pada ke-27 konser piano yang digelar Mozart. Konser ini benar-benar merupakan konser musik instrumental yang tanpa bantuan iringan penyanyi ternyata tetap dapat lebih dinikmati. Inilah kehebatan yang dimiliki alat musik piano. Permainan pada konser piano bisa terlaksana dengan baik secara solo (sendirian), duo (berdua), trio (bertiga), maupun kuartet (berempat). Hal ini telah dibuktikan sejak lama oleh para pianis terkenal seperti Mozart, Hadyn, Beethoven, Schubert, Schumann, Mendelssohn dan Brahms.
Salah satu peran piano dalam industri perfilman adalah sebagai alat musik yang mengiringi jalannya film tersebut. Dapatkah loe membayangkan jika film yang loe tonton tidak didukung oleh latar belakang musik? Piano sangat lekat dengan alur-alur cerita dalam film. Jika pada film itu ceritanya sedih, diputarkanlah alunan musik piano yang lagunya sedih atau melow, sedangkan jika film itu seru (misalnya film aksi), maka diputarkanlah musik yang membuat adrenalin naik. Kesemua ini senantiasa diperankan oleh piano.
Langganan:
Postingan (Atom)